Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan
Vol. 3 No. 8 (2023)

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Melalui Model Discovery Learning Berbantuan Papan Pedes (Pecahan Desimal)

Laila Dian Fitriani (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang)
Dyah Tri Wahyuningtyas (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang)
Yayuk Hinaning Utami (SDN Sukun 1 Malang)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2023

Abstract

Abstract: This study aims to improve student learning outcomes in decimal numbers using the Discovery Learning learning model assisted by PeDes board media in class IV SD Negeri 1 Sukun, Malang City. The type of research used is classroom action research. The research procedure uses 2 cycles in which each cycle consists of 4 steps, including: planning, implementing, observing/observing, and reflecting. The subjects of this study were all fourth grade students at SD Negeri Sukun 1, a total of 27 students in one class. This study showed an increase in the learning outcomes of fourth grade students at SD Negeri Sukun 1 as indicated by changes in learning outcomes in cycle I, namely 54 percent of students achieving mastery of learning outcomes, while in cycle II there was an increase of 85 percent of students have achieved learning mastery. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bilangan desimal dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media papan PeDes di kelas IV SD Negeri 1 Sukun, Kota Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian menggunakan 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri atas 4 langkah, antara lain: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Sukun 1 sejumlah 27 siswa dalam satu kelas. Penelitian ini menunjukkan peningkatan terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Sukun 1 yang ditunjukkan dengan perubahan hasil belajar pada siklus I yaitu 54 persen siswa mencapai ketuntasan hasil beajar, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 85 persen siswa telah mencapai ketuntasan belajar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

fip

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan menerbitkan naskah terkait pendidikan mencakup pembelajaran anak usia dini, sekolah dasar, bimbingan dan konseling, teknologi pendidikan, manajemen, pendidikan luar sekolah, serta pendidikan anak berkebutuhan ...