Manusia pasti tidak akan lepas dari dunia life style. Bisnis life style di Indonesia terutama pada produk sepatu menjadi awal munculnya persaingan produk, yang memunculkan banyak pembisnis lainnya semakin berinovasi, salah satu pengaruh tersebut yaitu dari sistem pengemasannya. Kemasan bisa menjadi salah satu daya tarik konsumen terhadap produk. Setiap konsumen memiliki pendapatnya tersendiri mengenai kemasan sepatu. Sebagian konsumen ketika membeli produk sepatu, kemasannya tidak dibuang, dan sebagian besar konsumen juga ketika membeli produk sepatu kurang menghiraukan kemasannya, konsumen beranggapan bahwa kemasan sepatu hanya digunakan untuk membungkus produk sepatu saja, padahal jika konsumen kreatif bisa memanfaatkan kembali kemasan tersebut sebagai wadah sepatu kembali atau barang lainnya. Permasalahan lain terjadi pada bisnis toko sepatu di mana mereka perlu melakukan penataan ulang layout, namun saat pergantiaan layout menjadi sebuah hambatan manakala rak yang mereka gunakan bersifat berat. Penataan ulang layout ini bertujuan untuk menambah daya tarik konsumen dalam meningkatkan penjualannya. Media yang digunakan untuk perancangan ini adalah box sepatu yang didesain sedemikian rupa dengan menggunakan metode 5W+1H. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan kepedulian konsumen terhadap kemasan sepatu yang dibeli. Tujuan lainnya untuk memudahkan bisnis toko sepatu saat menjual produk dengan memanfaatkan kemasan sepatu menjadi sebuah rak display. Kata kunci: kemasan, box sepatu, rak display.
Copyrights © 2023