Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia
Vol. 2 No. 2 (2023): MARET

Persepsi Guru terhadap Penerapan Konsep Merdeka Belajar di Sekolah Dasar

Rifki Faisal (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Syarifah Aeni Rahman (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Rosleny Babo (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru pada penerapan konsep merdeka belajar di SD Negeri Alluka. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner atau wawancara. Berdasarkan hasil penelitian melalui proses wawancara dengan beberapa poin pertanyaan maka diperoleh hasil bahwa persepsi guru terhadap penerapan merdeka belajar sudah baik namun yang masih menjadi kendala dalam penerapan merdeka belajar adalah minimnya pemahaman guru terkait merdeka belajar secara luas. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa persepsi guru pada penerapan merdeka belajar di SD Negeri Alluka sudah baik namun masih perlu adanya sosialisasi khusus agar memberikan pemahaman secara luas terkait merdeka belajar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

judikdas

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia adalah jurnal ilmiah yang bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian yang orisinil dan memuat isu-isu terkini di bidang pendidikan dasar dengan kualitas terbaik yang meliputi Manajemen pendidikan, Strategi dan Inovasi Pembelajaran, Alat dan ...