JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education)
Vol 7 No 1 (2023): JTIEE

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DL DAN PBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS 5 SEKOLAH DASAR

Putri Puji Astuti (Unknown)
Suhandi Astuti (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan dalam penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematika peserta didik kelas 5 di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan jenis Quasi Eksperimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 5 Sekolah Dasar di gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Pabelan sejumlah 66 peserta didik, namun sampel yang digunakan dalam penelitian ini di SD Negeri Ujung-Ujung 01, SD Negeri Sumberejo 01 dan SD Negeri Sumberejo 02 dengan sejumlah 44 peserta didik. hasil yang diperoleh dari penelitian ini berdasarkan uji t kemampuan berpikir kritis peserta didik pada model Discovery Learning dan Problem Based Learning menunjukkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Oleh karena nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut membuktikan bahwa kemampuan berpikir kritis dalam penerapan model Discovery Learning lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning pada pelajaran Matematika peserta didik kelas 5 di Sekolah Dasar Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Pabelan Tahun Pelajaran 2022/2023.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jtiee

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

This journal facilitates teachers and researchers to publish their articles based on research, review, and practice. Topics for the articles published by this journal are teaching media, strategies, models, plans, evaluations and technologies especially in elementary ...