Penelitian ini mengkaji pemanfaatan potensi seni dan kreativitas dalam pembelajaran STEM (Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika) di lembaga pendidikan tinggi di Sukabumi. Melalui pendekatan metode campuran, termasuk survei, wawancara, dan observasi kelas, data dikumpulkan dari para pendidik dan siswa. Temuan menunjukkan bahwa ada pengakuan akan manfaat integrasi seni dalam pendidikan STEM, seperti menumbuhkan kreativitas, meningkatkan kemampuan berpikir kritis, dan mempromosikan kolaborasi interdisipliner. Namun, tantangan seperti sumber daya yang terbatas dan kebutuhan akan pengembangan profesional juga diidentifikasi. Hasil penelitian menyoroti pentingnya mengatasi tantangan-tantangan ini untuk mengintegrasikan seni secara efektif ke dalam pendidikan STEM. Implikasi dari temuan-temuan tersebut dibahas, dan rekomendasi diberikan untuk meningkatkan integrasi potensi seni dan kreativitas dalam pembelajaran STEM di institusi pendidikan tinggi di Sukabumi.
Copyrights © 2023