Pendidikan di Taman Kanak-Kanak merupakan salah satu bentuk pendidikan anak usia dini yang memiliki peranan sangat penting untuk mengembangkan kepribadian anak serta mempersiapkan mereka memasuki jenjang pendidikan selanjutnya. Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung siswa kelompok A TK Dharma Wanita Sawojajar Kec. Takeran melalui media seluncuran kelereng tahun pelajaran dua ribu dua puluh dua sampai dua ribu dua puluh tiga. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berhitung. Proses pelaksanaan tindakan kelas melalui empat tahap dalam tiga siklus mulai dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan statistik deskriptif secara rata-rata dan persentase yaitu dengan menginventarisasi dan memadukan seluruh informasi yang diperoleh dari tiap siklus. Dari hasil analisis dan pengamatan pada penelitian ini serta mengacu pada hipotesis dapat disimpulkan bahwa ada peningkatkan kemampuan berhitung melalui media seluncuran kelereng pada siswa kelompok A TK Dharma Wanita Sawojajar Kec. Takeran tahun pelajaran dua ribu dua puluh dua sampai dua ribu dua puluh tiga.
Copyrights © 2023