Usia dini merupakan masa emas, yakni tahap kemampuan berpikir anak mengalami perkembangan yang pesat. Namun, pada umumnya, guru hanya menekankan kemampuan kognitif, motorik, dan afektif. Padahal pada era sekarang dibutuhkan kreatifitas sebagai penunjang kemampuan kognitif, motorik, dan afektif. Penelitian ini bertujuan mengkaji dampak penggunaan teknik finger painting dalam pembelajaran sains pencampuran warna sebagai upaya peningkatan kreatifitas seni pada anak. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas PTK. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif bersama dengan guru di kelompok B satu TK Negeri Pembina Takeran. Penelitian dilaksanakan selama dua siklus yang terdiri dari dua pertemuan pada setiap siklusnya. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selain itu penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan kreatifitas seni melalui pembelajaran sains dengan teknik finger painting pada anak usia lima sampai enam tahun.
Copyrights © 2023