Jurnal Ilmia Widya Pustaka Pendidikan
Vol 11 No 1: Edisi Januari - Juni 2023

ANALISIS PROBLEMATIKA DAN STRATEGI GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL PADA KURIUKULUM MERDEKA

Nisa, Hairunisa (Unknown)
Setiawan, Deni (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika yang dihadapi oleh guru dan strategi yang dapat digunakan untuk mengatasi problematika pada pelaksanaan pembelajaran berbasis digital dalam kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian deskriptif naratif dan studi kasus. Sampel yang digunakan dalam penelitian yaitu 10 guru dari SDN 2 Suntu Kota Bima. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kendala yang dihadapi guru: masih kurangnya pemahaman guru terhadap kurikulum merdeka, ketersediaan sarana dan prasarana yang belum memadai, kurangya kemampuan guru dalam mengoperasikan perangkat digital kurangnya kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran berbasis digital. Strategi mengatasi kendala: Mengikuti kegiatan pelatihan, menggunakan leptop dan kuota pribadi, membentuk komunitas, dan memodifikasi media pembelajaran yang tersedia. Sebagai seorang guru yang profesional, untuk menghadapi problematika yang terjadi guru juga harus menyiapkan strategi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

widya

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan merupakan jurnal ilmiah akses terbuka dan peer-review yang diterbitkan oleh Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram. Tujuan penerbitan jurnal ini adalah untuk menyebarluaskan teori-teori baru dan hasil penelitian yang telah dicapai di bidang pendidikan ...