Sora Journal of Mathematics Education
Vol 2 No 2 (2021): Sora Journal of Mathematics Education

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI GENDER SISWA

Inkiriwang, Ellen Merry (Unknown)
Tilaar, Anetha L. F. (Unknown)
Domu, Ichdar (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) perbedaan efek antara NHT, PBL, dan Expository learning terhadap Hasil belajar matematika. (2) perbedaan Hasil belajar matematika antara anak laki-laki dan Perempuan.(3) interaksi dari pengaruh model pembelajaran dan Gender terhadap Hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan desain eksperimental faktorial. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIA, VIIB dan VIIC Smp Advent 04 Paal Dua Manado Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian eksperimen semu (kuasi eksperimen) ini dapat mengetahui pengaruh pembelajaran PBL,NHT DAN EL terhadap hasil belajar. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data post-test hasil belajar. Pengujian hipotesis menggunakan desain factorial 3 x 2 dengan Teknik analisis varians dua arah (Two ways Anava). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran PBL dan NHT terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi Garis dan Sudut. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa skor rata-rata hasil belajar laki-laki dan perempuan dengan model pembelajaran PBL dan NHT lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran EL.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sora

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Sora Journal of Mathematics Education is provided for writers, teachers, students, professors, and researchers, who will publish their research reports or their literature review articles (only for invited contributors) about mathematics education and its instructional. Start from October 2020, this ...