Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kinerja guru agama dalam membangun karakter religius di SD Negeri 3 Tangkiling. Sekolah itu memiliki tiga ajaran agama: Islam, Kristen dan Hindu. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembinaan karakter religius siswa SD Negeri 3 Tangkiling menggunakan tiga metode pembinaan karakter religius yaitu keteladanan, disiplin, dan pembiasaan. Selain itu, beberapa aspek karakter religius yang digunakan adalah: 1) cinta damai, 2) toleransi, 3) menghargai perbedaan agama, 4) teguh pendirian, dan 5) menolak perundungan dan kekerasan.Beberapa faktor pendukung tersebut adalah: 1) lingkungan sekolah, 2) rencana pembelajaran, 3) lingkungan rumah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023