Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa melalui metode Problem Solving. Penelitian dilakukan pada siswa kelas V SDN Temba Semester 1 tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 7 orang siswa. Pada prasiklus penelitian, ketuntasan klasikal sebesar 42,85% atau sebanyak 3 orang siswa dari jumlah 7 orang siswa dan aktivitas belajar siswa sebesar 58%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus 1, persentase ketuntasan klasikal mencapai mencapai 71,42% atau sebanyak 5 orang siswa dan pada ativitas siswa 68% siswa lebih aktif dari sebelumnya. Skor hasil belajar dan aktivitas siswa ini belum memenuhi indikator keberhasilan yang ditetapkan sebelumnya, sehingga penelitian dilanjutkan ke siklus ke 2. Pada siklus 2, persentase ketuntasan kelasikal mencapai mencapai 100% atau sebanyak 7 orang siswa dinyatakan tuntas belajar, semenatara aktivitas siswa meningkat menjadi 98% siswa aktif dalam pembelajaran. Pelaksanaan proses pembelajaran siklus 2 dinyatakan tuntas belajar, karena aktivitas dan hasil belajar siswa sudah mencapai ketuntasan klasikal yang sudah ditetapkan. Berdasarkan hasil observasi proses pembelajaran siklus 2 dan tercapainya indikator keberhasilan, dapat disimpulkan bahwa penelitian tidak dilanjutkan pada siklus berikutnya.
Copyrights © 2023