Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter
Vol 6, No 2 (2023): Juli

Penerapan Tata Tertib Sekolah Sebagai Strategi Pembentukan Karakter Siswa Pasca Pandemi Covid-19

Uswatun Khasanah (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Brawijaya)
Nanang Bustanul Fauzi (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Brawijaya)
Distri Adi Setiawan (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, SMAN 1 Batu)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2023

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya masalah dan distorsi di kalangan siswa selama pendidikan pasca pandemi covid-19. Pendidikan secara daring menjadikan siswa mengalami degradasi pada nilai-nilai karakter seperti karakter relegius, disiplin, dan tanggung jawab. Hal tersebut terbukti dengan banyak pelanggaran yang ditemui oleh peneliti selama observasi lapangan. Penelitian yang termasuk dalam penelitian kualitatif deskriptif ini memiliki tujuan untuk: (1) mengetahui konsep tata tertib sebagai strategi pembentukan karakter siswa pasca pandemi Covid-19 di SMAN 1 Batu, (2) mengetahui hambatan dan upaya yang dilakukan dalam menerapakan tata tertib sebagai strategi pembentukan karakter siswa, dan (3) mengetahui keterlaksanaan penerapan tata tertib sebagai strategi pembentuka karakter siswa. Sesuai dengan jenis penelitianya, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis Miles dan Huberman yaitu melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa tata tertib SMAN 1 Batu memiliki konsep keterikan peraturan yang melahirkan tiga kelompok fokus dalam pelaksaanya yang meliputi pelanggaran, sanksi point, dan pembinaan yaitu kelompok kelakuan, kelompok kerapian, dan kelompok kerajinan. Penerapan tata tertib berhasil membentuk karakter siswa pasca pandemi Covid-19 dibuktikan dengan perubahan tingkah laku, kesadaran, dan menurunnya presentasi pelanggaran.Abstract: This research is motivated by the many problems and distortions among students during post-covid-19 pandemic education. Online education makes students experience degradation of character values such as religious character, discipline, and responsibility. This is proven by the many violations encountered by researchers during field observations. This research, which is included in this descriptive qualitative research, has the objectives of: (1) knowing the concept of discipline as a strategy for building student character after the Covid-19 pandemic at SMAN 1 Batu, (2) knowing the obstacles and efforts made in implementing discipline as a strategy for forming student character, and (3) knowing the implementation of the implementation of the rules as a strategy for building student character. In accordance with the type of research, data collection techniques used are observation, interviews, and documentation. Data analysis uses the Miles and Huberman analysis model, namely through data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions (verification). The results of this study indicate that the discipline of SMAN 1 Batu has the concept of regulatory involvement which gave birth to three focus groups in its implementation which include violations, point sanctions, and coaching namely behavior groups, neatness groups, and craft groups. The implementation of the rules has succeeded in shaping the character of students after the Covid-19 pandemic as evidenced by changes in behavior, awareness, and a decrease in the presentation of violations.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pendekar

Publisher

Subject

Education

Description

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter adalah jurnal yang dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) yang secara khusus menerbitkan hasil penelitian dosen, mahasiswa semester akhir termasuk guru sekolah maupun kegiatan penelitian ilmiah ...