Instagram sebagai salah satu bentuk dari adanya perkembangan teknologi yang menimbulkan bentuk perilaku baru, yaitu "flexing" dan "FOMO" (Fear of Missing Out). Flexing mengacu pada tindakan seseorang memamerkan kekayaan material atau prestasi mereka secara berlebihan melalui platform media sosial, seperti instagram. Di sisi lain, FOMO merujuk pada perasaan cemas dan rasa tidak aman yang muncul ketika seseorang merasa bahwa mereka sedang melewatkan momen atau pengalaman penting yang dimiliki oleh orang lain. Penelitian ini dilakukan untuk menganilisis tiga akun di Instagram terhadap kecenderungan perilaku flexing maupun FOMO pada akun-akun tersebut, dan melihat kemungkinan pengaruh yang akan terjadi terhadap generasi Z sebagai pengikut yang mendominasi tiga akun tersebut. Hasil penelitian menujukkan bahwa ketiga akun tersebut memiliki kecenderungan terhadap perilaku flexing dan FOMO yang memiliki kemungkinan akan mempengaruhi generasi Z. Kata kunci: Flexing, FOMO, Genarasi Z, Instagram
Copyrights © 2023