JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Manajemen Risiko dalam Bisnis E-commerce: Mengidentifikasi, Mengukur, dan Mengelola Risiko-risiko yang Terkait

Tuti Lisnawati (AMIK Citra Buana Indonesia)
Saddam Hussaen (Universitas Bina Sarana Informatika)
Siti Nuridah (Universitas Pertiwi)
Nuniek Dewi Pramanik (Politeknik Piksi Ganesha)
Samuel Y. Warella (Universitas Victory Sorong)
M Yusuf Bahtiar (UIN Raden Intan Lampung)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2023

Abstract

Abstrak: Manajemen risiko merupakan aspek penting dalam bisnis e-commerce yang memungkinkan pengelolaan risiko-risiko yang terkait dengan operasional bisnis. Artikel ini bertujuan untuk menyelidiki konsep manajemen risiko dalam konteks bisnis e-commerce dan mengusulkan strategi pengelolaan risiko yang efektif. Pendekatan penelitian kepustakaan digunakan untuk menyusun landasan teori yang meliputi definisi manajemen risiko, metode identifikasi risiko, pengukuran risiko, dan strategi pengelolaan risiko. Artikel ini juga membahas beberapa masalah yang sering dihadapi dalam manajemen risiko e-commerce, seperti risiko keamanan data, penipuan, ketidaksesuaian peraturan, dan serangan siber. Metode penelitian yang direkomendasikan termasuk pengumpulan data sekunder melalui studi literatur, analisis kritis, dan sintesis informasi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang berguna bagi para praktisi bisnis e-commerce dalam mengidentifikasi risiko, mengukur dampaknya, dan menerapkan strategi pengelolaan risiko yang tepat. Pembahasan tentang implikasi praktis dan keterbatasan penelitian juga disajikan. Artikel ini memiliki nilai tambah bagi pemahaman manajemen risiko dalam bisnis e-commerce, serta memberikan dasar bagi penelitian lanjutan dalam bidang ini.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...