Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar materi himpunan menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik untuk membelajarkan kemampuan koneksi matematika siswa dan untuk mengetahui kualitas bahan ajar dilihat dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah 24 siswa kelas VII SMP Negeri 3 Lingga Bayu. Instrumen penelitian yang berupa angket validasi ahli, angket respon siswa dan tes kemampuan koneksi matematika. Angket validasi ahli digunakan untuk mengukur kevalidan bahan ajar sedangkan angket respon siswa digunakan untuk mengukur kepraktisan bahan ajar dan Tes Kemampuan Koneksi Matematika untuk mengukur keefektifan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas bahan ajar dilihat dari penilaian validasi ahli materi dengan skor rata-rata sebesar 81%, skor termasuk kedalam kriteria layak. Hasil keseluruhan penilaian para ahli menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan memiliki kriteria “baik” (layak) berdasarkan penilaian oleh 2 Ahli dengan persentase skor sebesar 81% dalam kriteria “sangat valid”. Hasil angket respon siswa terhadap bahan ajar dilihat dari aspek kepraktisan dengan persentase skor sebesar 89% dalam kriteria “sangat praktis”. Hasil Tes Kemampuan Koneksi Matematika Siswa dilihat dari aspek keefektifan dengan skor rata-rata 81,9% masuk kategori “sangat efektif”. Dan hasil Lembar Aktivitas Siswa dilihat dari aspek keefektifan dengan skor rata-rata 89% masuk kategori “sangat efektif”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar materi himpunan berbasis pendidikan matematika realistik untuk membelajarkan kemampuan koneksi matematika siswa dinyatakan valid, praktis, efektif dan layak digunakan sebagai perangkat pembelajaran.
Copyrights © 2023