JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal)
Vol 6 No 2 (2023): JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal) Juli 2023

Peningkatan PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 2 MUARA SIPONGI DENGAN PENERAPAN PENDEKATAN OPEN ENDED

Dhuraba Qodriansyah (Unknown)
Yuni Rhamayanti (Unknown)
Puspa Riani Nasution (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2023

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatakan kemampuan penalaran matematis siswa melalui pendekatan open ended. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Subyek penelitian ini adalah kelas VIII-A SMP Negeri 2 Muara Sipongi yang berjumlah 26 orang. Objek yang diamati dalam penelitian ini adalah seluruh proses dan hasil pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa melalui penerapan pendekatan open ended. Perangkat pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), buku panduan guru (BPG), lembar kerja siswa (LKS), instrument tes, lembar observasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan lembar observasi aktivitas siswa. Instrumen tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah berbentuk Essay yang sudah dihitung melalui perhitungan validutas, reliabilitas, dan tingkat kesukaran serta daya pembeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa dengan penerapan pendekatan Open Ended pada siklus I diperoleh 53,84% atau 14 orang dari 26 siswa termasuk dalam kategori “tuntas”. Pada siklus II persentase ketuntasan hasil teskemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII-A SMP Negeri 2 Muara Sipongi sebesar 96,15 atau 25 orang dari 26 siswa termasuk dalam kategori “tuntas”. Berdasarkan dari hasilpengamatan observer proses keterlaksanaan pembelajaran melalui pendekatan open ended siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Muara Sipongi dari pertemuan pertama samapai perteuan terakhir berjalan denagan baik. Kata Kunci: Pendekatan Open Ended, Penalaran Matematis

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

MathEdu

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Ruang lingkup artikel ilmiah yang dapat diterbitkan dalam jurnal ini adalah sebagai berikut: Model Pembelajaran Matematika, Media dan Multimedia Pembelajaran Matematika, Kurikulum dalam Pendidikan Matematika, Penilaian (Assesment) dan Evaluasi dalam Pendidikan Matematika, Pengembangan Profesional ...