Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia
Jurnal Ilmiah Indonesia

Hubungan Penguasaan Kosakata dengan Kemampuan Membaca

Asholahudin, M. (Unknown)
Wahyudin, Uyu (Unknown)
Gailea, Nurhaedah (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penguasaan kosakata dengan membaca pemahaman. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan Teknik korelasional. Ujicoba penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 17 s.d 23 Mei tahun 2022 dengan jumlah responden sebanyak 542 responden. Hasil ujicoba menunjukkan bahwa instrumen tes penguasaan kosakata sebanyak 32 soal termasuk valid dan sebanyak 8 soal termasuk tidak valid. Ujicoba tes membaca pemahaman bahasa Inggris hasilnya sebanyak 32 soal valid dan 8 soal juga tidak valid. Hasil Uji korelasi Penguasaan Kosa Kata dengan Kemampuan Membaca yang melibatkan sebanyak 230 responden menunjukan bahwa kooefisien korelasi antara Penguasaan Kosa Kata dengan Kemampuan Membaca 0,193 pada taraf signifikansi α 5%. Hal ini menunjukan bahwa ada hubungan antara Penguasaan Kosa Kata dengan Kemampuan Membaca, karena α < 0,05 (0,003 < 0,05).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

syntax-literate

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia is a peer-reviewed scientific journal that publishes original research and critical studies in various fields of science, including education, social sciences, humanities, economics, and engineering. The journal aims to provide a platform for researchers, ...