Jurnal InterAct
Vol. 9 No. 2 (2020): Jurnal InterAct

Digital Communication in Organization for Millennial Employees: Need for Guidance from Direct Supervisors

Dahesihsari, Rayini (Unknown)
Kartikawangi, Dorien (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2021

Abstract

Salah satu ciri generasi milenial adalah penggunaan teknologi ekstensif dalam kehidupan mereka, karena sejak lahir mereka sudah mengenal teknologi. Di dunia kerja, banyak perusahaan berupaya menyediakan sistem teknologi canggih, termasuk dalam komunikasi organisasi, untuk membuat karyawan milenial mereka lebih produktif dan loyal terhadap perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pandangan karyawan milenial tentang bagaimana komunikasi digital bagi mereka serta kebutuhan komunikasi mereka di tempat kerja. Data penelitian diperoleh melalui dua sesi diskusi kelompok terarah dengan delapan belas karyawan milenial di salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara. Analisis tema digunakan untuk mengidentifikasi aspek-aspek yang menonjol dalam diskusi kelompok terarah tersebut, berdasar pendekatan induktif. Hasil penelitian menunjukkan karyawan milenial berpandangan jumlah program aplikasi digital yang diberikan oleh perusahaan terlalu banyak, karena mereka hanya menggunakan satu hingga dua program yang dibutuhkan saja. Program lain yang disediakan hanya dimiliki untuk memenuhi kewajiban yang ditetapkan oleh manajemen tanpa pernah dimanfaatkan secara optimal. Di sisi lain karyawan milenial berpandangan mereka minim mendapatkan arahan dari atasan langsungnya. Mereka mengharapkan informasi yang tersedia secara digital dapat didiskusikan bersama dengan atasannya sehingga mereka mendapatkan arahan yang membantu mereka bekerja secara lebih efektif dan produktif. Mereka juga mengharapkan arahan dari atasannya terkait bagaimana mereka dapat meningkatkan kinerja dan arah pengembangan karirnya. Hasil penelitian ini menunjukkan peran penting komunikasi dari atasan dalam mengarahkan dan memotivasi karyawannya, melengkapi media komunikasi digital yang tersedia, Bentuk dan dinamika komunikasi dengan atasan yang sesuai dengan karakteristik kedua pihak dan bisa melengkapi komunikasi digital yang ada perlu digali lebih lanjut dalam penelitian berikutnya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

interact

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal InterAct is published twice a year (May and November). Each edition discusses materials and current issues on corporate communication, marketing communication, media and communication. These are including, but not limited to: Corporate Communication - Public relations - Media relations - ...