Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)
Vol 4, No 1 (2016): APRIL 2016

PENGEMBANGAN MODUL FISIKA KONTEKSTUAL HUKUM NEWTON UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA DI MAN MODEL BANDA ACEH

Zulhaini Zulhaini (Unknown)
A. Halim (Unknown)
Mursal Mursal (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Mar 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa modul fisika kontekstual, melihatĀ  peningkatan pemahaman konsep siswa dan efektivitas modul setelah proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (RD), dan desain penelitian dirancang berbentuk Pre-test Post-test Control Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X MAN Model Banda Aceh semester ganjil tahun pelajaran 2014/ 2015 dan kelompok sampel ditentukan dengan teknik random. Data yang dikumpulkan adalah data hasil pretest dan posttest siswa, data penilaian modul oleh ahli materi, ahli media, guru dan respon siswa terhadap modul.Modul dirancang sendiri oleh peneliti dan divalidasi oleh pakar materi dan pakar media Peningkatan pemahaman konsep siswa dianalisis dengan menggunakan N-Gain dan efektifvitas modul dianalisis dengan uji statistik atau uji-t dan didukung dengan angket siswa dan guru.Hasilnya menunjukkan peningkatan pemahaman konsep siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi jika dibandingkan dengan kelas kontrol.Hasil uji statistik menunjukkan adanya perbedaan signifikan pemahaman konsep siswa sebelum dan setelah pembelajaran dengan modul.Pembelajaran dengan modul diawali dengan memberikan permasalahan-permaslahan kontekstual yang dekat dengan kehidupan siswa, sehingga siswa aktif dalam pembelajaran. Respon siswa sebesar 96,77% senang belajar dengan modul, artinya modul ini efektif digunakan dalam pembelajaran fisika.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JPSI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education) offers an interdisciplinary forum for the publication of original peer-reviewed, contributed and invited research articles of the highest quality that address different topics of science education with implications for ...