Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)
Vol 5, No 2 (2017): OKTOBER 2017

DAMPAK MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP

Fanny Fajria (Unknown)
Hafnati Rahmatan (Unknown)
A. Halim (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2018

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi dan hasil belajar peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran Problem Solving pada materi indera penglihatan dan alat optik di SMP N 8 dan SMP N 18 Banda Aceh. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimental design, dengan menggunakan rancangan pretest-posttes control group desaindan pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengambilan data dilakukan pada bulan April – Mei 2017, penelitian ini dilaksanakan pada 4 kelas yaitu kelas VIII-2 dan VIII-1 sebagai kelas ekperimen, sedangkan kelas VIII-4 dan VIII-3 sebagai kelas kontrol. Instrument penelitian menggunakan tes dalam bentuk soal pilihan ganda yang berjumlah 30 butir soal dan angket motivasi belajar peserta didik. Analisis data menggunakan uji independen sampel t-test pada taraf signifikan 0,05 untuk perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Data angket motivasi peserta didik dianalisis dengan statistik deskriptif.Hasil analisis menunjukkan (1) motivasi belajar peserta didik kelas ekperimen dan kelas kontrol berbeda signifikan. (2) hasil belajar kelas ekperimen dengan kelas kontrol menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan terdapat perbedaan motivasi belajar peserta didik antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, terdapat perbedaan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran problem solving di SMP N 8 dan SMP N 18 Banda Aceh.Kata kunci:Problem Solving, Motivasi, Hasil Belajar,Indera PenglihatanAlat Optik.                                                                                          

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JPSI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education) offers an interdisciplinary forum for the publication of original peer-reviewed, contributed and invited research articles of the highest quality that address different topics of science education with implications for ...