Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)
Vol 5, No 1 (2017): April 2017

PENGEMBANGAN MEDIA POSTER PADA MATERI STRUKTUR ATOM DI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH

Rizawayani Rizawayani (Unknown)
Sri Adelila Sari (Unknown)
Rini Safitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase kelayakan media poster yang dikembangkan, dan persepsi peserta didik terhadap media poster pada materi struktur atom. Metode penelitian menggunakan research development yang dikembangkan menggunakan model ADDIE yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian dilakukan di SMAN 12 Banda Aceh dengan sampel penelitian dipilih secara acak (simple random sampling) yang dianggap homogen, dan kelas terpilih untuk sampel adalah kelas X IPA2. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian validitas media oleh para ahli, dan angket persepsi peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media poster telah memenuhi kriteria baik. Penilaian kualitas media poster oleh para ahli diperoleh persentase kelayakan sebesar 82,53% dengan kategori sangat layak, dan persepsi peserta didik secara keseluruhan memberikan respon positif terhadap media poster yang dikembangkan dengan nilai rata-rata persentase jawaban yang diperoleh 46,09% atas jawaban setuju. Hal ini menunjukkan bahwa media poster yang  dikembangkan sudah layak diterapkan pada peserta didik di SMA/MA.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JPSI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education) offers an interdisciplinary forum for the publication of original peer-reviewed, contributed and invited research articles of the highest quality that address different topics of science education with implications for ...