Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa modul praktikum berbasis open ended, serta menganalisis pengaruhnya terhadap tingkat kreativitas siswa setelah diterapkan modul. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode research and development (RD) dengan model pengembangan analysis, design, develop, implement, and evaluate (ADDIE).Subjek penelitian siswa kelas XI IPA 1 SMAN I Simeulue Tengah yang berjumlah 25 siswa. Instrumen yang digunakan berupa modul, soal tes, angket tanggapan siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas modul dalam katagori baik, selain itu juga respon siswa terhadap modul yang dikembangkan sangat posisif. Peningkatan kreativitas siswa tertinggi terdapat pada indikator luwes (fleksibelity) dengan N-Gain yaitu 0,84% dan termasuk dalam kategori sangat baik, sedangkan yang terendah N-Gain yaitu 0,74% namun masih dalam kategori tinggi.  Uji statistik dengan taraf signifikansi 0,05% menunjukkan nilai  thitung 1,88 ttabel 1,71, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan modul praktikum berbasis open ended pada materi fluida dinamis dapat meningkatkan kreativitas siswa secara signifikan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017