Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap keterampilan proses sains (KPS), sikap sosial, dan respon peserta didik pada materi laju reaksi. Penelitian ini dilakukan dengan metode pre-experimental design melalui one group pretest-posttest design yang dilaksanakan di MAS Ulumul Qur’an Banda Aceh sejak tanggal 16 Oktober – 1 Desember 2014. Sampel yang terpilih menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas XI IPA sebagai kelas eksperimen. Analisa data pretest dan posttest dilakukan untuk mengetahui KPS, lembar observasi untuk mengetahui sikap sosial peserta didik, dan angket untuk mengetahui respon peserta didik terhadap model pembelajaran discovery learning. Hasil gain nilai pretest dan posttest  sebesar 62,24 (kategori sedang ). Sedangkan, hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa data pretest dan posttest berdistribusi normal dan tidak homogen. Selanjutnya hasil uji statistik (t’) menunjukkan bahwa thitung t(0,05,52) (14,81 1,66) yang berarti implementasi model discovery learning dapat meningkatkan KPS peserta didik secara signifikan. Nilai sikap sosial peserta didik mengalami peningkatan dari 67,22 pada pertemuan pertama menjadi 92,22 pada pertemuan kelima. Peserta didik memberikan respon positif terhadap implementasi model discovery learning. Simpulan penelitian ini adalah pembelajaran dengan model discovery learning dapat meningkatkan KPS, sikap sosial, dan peserta didik memberikan respon positif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015