Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)
Vol 3, No 2 (2015): Oktober 2015

IMPLEMENTASI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI LAJU REAKSI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK MAS ULUMUL QUR’AN BANDA ACEH

Fita Nelyza (Unknown)
Muhammad Hasan (Unknown)
Musri Musman (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap keterampilan proses sains (KPS), sikap sosial, dan respon peserta didik pada materi laju reaksi. Penelitian ini dilakukan dengan metode pre-experimental design melalui one group pretest-posttest design yang dilaksanakan di MAS Ulumul Qur’an Banda Aceh sejak tanggal 16 Oktober – 1 Desember 2014. Sampel yang terpilih menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas XI IPA sebagai kelas eksperimen. Analisa data pretest dan posttest dilakukan untuk mengetahui KPS, lembar observasi untuk mengetahui sikap sosial peserta didik, dan angket untuk mengetahui respon peserta didik terhadap model pembelajaran discovery learning. Hasil gain nilai pretest dan posttest  sebesar 62,24 (kategori sedang ). Sedangkan, hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa data pretest dan posttest berdistribusi normal dan tidak homogen. Selanjutnya hasil uji statistik (t’) menunjukkan bahwa thitung t(0,05,52) (14,81 1,66) yang berarti implementasi model discovery learning dapat meningkatkan KPS peserta didik secara signifikan. Nilai sikap sosial peserta didik mengalami peningkatan dari 67,22 pada pertemuan pertama menjadi 92,22 pada pertemuan kelima. Peserta didik memberikan respon positif terhadap implementasi model discovery learning. Simpulan penelitian ini adalah pembelajaran dengan model discovery learning dapat meningkatkan KPS, sikap sosial, dan peserta didik memberikan respon positif.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JPSI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education) offers an interdisciplinary forum for the publication of original peer-reviewed, contributed and invited research articles of the highest quality that address different topics of science education with implications for ...