Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)
Vol 6, No 2 (2018): Oktober 2018

Pengembangan dan Implementasi Modul Fisika Berbasis Saintifik pada Materi Alat Optik untuk Meningkatkan KPS Siswa di SMA Negeri 5 Banda Aceh

Febdi Candra Kirana (Prodi MPIPA PPs Unsyiah)
A Halim (Universitas Syiah Kuala)
Adi Rahwanto (Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektifitas implementasi modul fisika berbasis pendekatan saintifik dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi alat-alat optik di SMA Negeri 5 Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi experimental design, desain penelitian ini hanya menggunakan  satu kelompoks aja, sehingga tidak memerlukan kelompok kontrol. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan dan implementasi dengan menggunakan model ADDIE. Pembelajaran melalui implementasi modul fisika berbasis pendekatan saintifik pada materi alat-alat optik efektif meningkatkan keterampilan proses sains. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata skor keterampilan proses sebelum diberikan perlakuan sebesar 46,09%, dan setelah diberikan perlakuan didapatkan sebesar 76,74%.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPSI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education) offers an interdisciplinary forum for the publication of original peer-reviewed, contributed and invited research articles of the highest quality that address different topics of science education with implications for ...