Learning cycle adalah salah satu model pembelajaran dengan pendekatan konstruktivis. Model pembelajaran ini mulanya ada 3 tahap, selanjutnya mengalami perkembangan menjadi 5 tahap dikenal dengan 5E, lalu dikembangkan menjadi 7E yang menekankan transfer pembelajaran dari pengetahuan awal. Salah satu kelebihan dari model pembelajaran learning cycle adalah mampu mengembangkan sikap ilmiah peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran learning cycle 7E. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu pada materi hukum Newton dengan populasi seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri I Bireuen. Sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas X IPA I sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas X IPA G sebagai kelas kontrol pada semester ganjil tahun ajaran 2016-2017 yang dipilih secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk melihat hasil belajar peserta didik adalah tes berbentuk pilhan ganda berjumlah 17 soal. Hasil akhir menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 72,62 dan 66,86, dari hasil perhitungan N-gain diperoleh rata-rata pada kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 0,53 dan 0,44 keduanya berada pada kategori sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol.
Copyrights © 2017