Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)
Vol 3, No 1 (2015): April 2015

DAMPAK PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KERJA LABORATORIUM TERHADAP PENGURANGAN MISKONSEPSI PADA MATERI SUHU DAN KALOR

Qusthalani Qusthalani (Unknown)
Abdul Halim (Unknown)
Ibnu Khaldun (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2017

Abstract

Penelitian  ini dilakukan  dengan  tujuan  mengetahui untuk  pengetahuan  awal  dan  profil  miskonsepsi  pada  materi suhu dan panas,  serta  menguji  signifikansi  penggunaan  metode kerja laboratorium  dalam menurunkan miskonsepsi pada materi suhu dan panas kelas X SMAN1 Paya Bakong Aceh Utara.  Penelitian ini menggunakan  desain  pre-experimental  design  dengan  bentuk  one  group  pretest-posttest design.  Sampel  yang  digunakan  adalah  kelas  X -1 dan kelas X-2  yang  berjumlah  50  siswa.  Sebelum  dan sesudah  pelaksanaan  metode kerja laboratorium,  siswa  diberikan  14  soal  pretes  dan  postes yang dilengkapi dengan kolom  Certainty of Response Index  (CRI) untuk  membedakan siswa yang tidak tahu konsep (LC), tahu konsep (KCC), menebak (LG), miskonsepsi (Mis) dan tidak konfiden (NC). Jumlah miskonsepsi tiap  siswa  pada  pretes  dan  postes  dianalisis  menggunakan  persentase  pada  Microsoft  Excel  dan  menghasilkan  perbedaan siswa yang terjadi miskonsepsi dan tidak tahu konsep. Kesimpulan yang diperoleh adalah  metode kerja laboratorium mampu secara signifikan menurunkan miskonsepsi pada materi suhu dan panas.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JPSI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education) offers an interdisciplinary forum for the publication of original peer-reviewed, contributed and invited research articles of the highest quality that address different topics of science education with implications for ...