Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)
Vol 5, No 2 (2017): OKTOBER 2017

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI MAN RUKOH BANDA ACEH

Indah Khairani (Unknown)
Rini Safitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2018

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar peserta didiksetelah diterapkannya metode pembelajaranproblem solving serta aktivitas guru dan peserta didikselama proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitianadalah quasi experimental,bentukpretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini semua peserta didik MAN RUKOH Banda Aceh kelas XI-MIA semester ganjil dengan sampel penelitian kelas XI MIA1 dan kelas XI MIA3. Prosedur penelitian ini terdiri dari 3 tahapan, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan tahap akhir penelitian. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi lembar observasi dan soal. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar peserta didik. N-gain menunjukkan kelas eksperimen lebih tinggi, mencapai (100%) dibandingkan dengan kelas kontrol(55%). Penerapan metode pembelajaran problem solving berpengaruh terhadap aktivitas guru dan peserta didik di MAN Rukoh Banda Aceh yang terlihat lebih aktif dalam mengikuti proses belajar mengajar.Kata Kunci: Problem solving, usaha, energi, hasil belajar

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JPSI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education) offers an interdisciplinary forum for the publication of original peer-reviewed, contributed and invited research articles of the highest quality that address different topics of science education with implications for ...