Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)
Vol 3, No 1 (2015): April 2015

MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERINTERNALISASI AYAT-AYAT AL-QUR’AN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP LARUTAN PENYANGGA DAN KARAKTER ISLAMI SISWA

Safrija Safrija (Unknown)
Abdul Halim (Unknown)
Mustanir Mustanir (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2017

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnyaa perilaku siswa yang belum mencerminkan akhlak mulia dan masih jarang guru kimia dalam menginternalisasikan       ayat-ayat Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran inkuiri terinternalisasi ayat-ayat Al-Qur’an pada konsep larutan penyangga dan mendapatkan gambaran tingkat pemahaman konsep siswa, karakter Islami dan memperoleh gambaran tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran inkuiri terinternalisasi ayat-ayat Al-Qur’an. Metode penelitian yang digunakan adalah ekperimen semu dengan desain  one group pretest postest design. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XIIA2 yang berjumlah 30 orang, terdiri dari 8 orang laki-laki dan 22 orang perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pretes dan postes untuk pemahaman konsep, lembar observasi untuk mengamati karakter Islami, LKS untuk kegiatan pembelajaran inkuiri dan angket untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran inkuiri terinternalisasi ayat-ayat Al-Qur’an. Pengolahan data dilakukan dengan uji N-gain nilai pretes dan postes terhadap individual siswa, diperoleh nilai N-gain 0,80 yaitu kategori tinggi sebanyak 19 siswa (63,33%) dan nilai N-gain 0,66 dikategorikan sedang sebanyak 11 siswa ( 36,67%), dan secara keseluruhan diperoleh rata-rata N-gain rata-rata 0,78 yang dikategorikan tinggi. Berdasarkan hasil uji-t (Paired Sample Test) diperoleh –thitung-ttabel (-45.19   -2,045), sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terinternalisasi ayat-ayat Al-Qur’an signifikan meningkatkan pemahaman konsep larutan penyangga. Hasil observasi terhadap karakter Islami siswa mengalami peningkatan dari semua karakter yang diobservasi dengan karakter peduli memperoleh nilai tertinggi dan karakter kejujuran memperoleh nilai terendah. Berdasarkan hasil angket siswa memberikan respon positif terhadap penerapan model pembelajaran inkuiri terinternalisasi ayat-ayat       Al-Qur’an pada materi larutan penyangga.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JPSI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education) offers an interdisciplinary forum for the publication of original peer-reviewed, contributed and invited research articles of the highest quality that address different topics of science education with implications for ...