Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)
Vol 3, No 1 (2015): April 2015

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DENGAN KEGIATAN LABORATORIUM VIRTUAL MATERI FLUIDA STATIS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETRAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA

Musdar Musdar (Unknown)
Muhammad Hasan (Unknown)
Abdul Halim (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model inkuiri terbimbing dengan kegiatan laboratorium virtual terhadap penguasaan konsep dan ketrampilan berfikir kritis siswa terhadap materi fluida statis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Eksperimen kontrol dengan desain control Group Pre-test post-test. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI-IA yang berjumlah 242 orang.dan yang menjadi sampel adalah siswa kelas XI-IA 5 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI-IA 6 sebagai kelas control pada sekolah SMAN 4 Banda Aceh tahun ajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes tertulis berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 soal delakukan dengan pre-test dan post-test , lembar kerja siswa dan angket siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan untuk 3 sub konsep itu diperoleh hasil secara keseluruhan untuk penguasaan konsep terjadi peningkatakn sebanyak 0,12 (kategori Rendah) sedangkan untuk ketrampilan berfikir kritis diperoleh hasil secara keseluruhan terjadi peningkatan sebesar 0,09 (kategori rendah), sedangkan peningkatan yang paling tinggi pada ketrampilan berfikir kritis itu pada konsep membuat induksi dan mempertimbangkan induksi yaitu sebesar 0,40 (kategori sedang). Dan model inkuiri mendapatkan respon yang positif dari siswa berdasarkan hasil angket respon siswa yang positif. Disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri tebimbing berbasis laboratorium ini terjadi pengaruh walaupun peningkatannya berkategorikan rendah. 

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JPSI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education) offers an interdisciplinary forum for the publication of original peer-reviewed, contributed and invited research articles of the highest quality that address different topics of science education with implications for ...