Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)
Vol 5, No 2 (2017): OKTOBER 2017

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA SMA KELAS XI PADA MATERI KONSEP DAN REAKSI-REAKSI DALAM LARUTAN ASAM BASA

Riska Imanda (Unknown)
Ibnu Khaldun (Unknown)
Azhar Azhar (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2018

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pada konsep dan jenis-jenis reaksi dalam larutan asam basa yang layak digunakan dalam proses pembelajaran. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model ADDIE yang terdiri dari 5 langkah, yaitu: analysis, design, development, implementation dan evaluation. Sampel dipilih secara stratified-cluster random sampling dan purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian kualitas modul yang di isi oleh validator ahli serta lembar angket respon guru dan peserta didik. Analisis data menggunakan rumus persentase. Persentase rata-rata lembar angket penilaian kualitas modul yang diperoleh dari 6 validator yaitu sebesar 93,00% sedangkan respon guru dan peserta didik sebesar 84,65; 83,81%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul berbantuan media interaktif pada konsep dan reaksi-reaksi dalam asam basa yang telah dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran kimia dan diharapkan ada penelitian lanjutan untuk materi lain dalam ruang lingkup yang lebih luas.Kata Kunci: Modul, Media Interaktif, Asam Basa, Model ADDIE

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JPSI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education) offers an interdisciplinary forum for the publication of original peer-reviewed, contributed and invited research articles of the highest quality that address different topics of science education with implications for ...