Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan KBK siswa dan respon siswa terhadap penerapan pembelajaran model inkuiri terbimbing pada materi pesawat sederhana di kelas VIII SMPN 9 Banda Aceh. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experiment menggunakan dua kelas, dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 9 Banda Aceh, dengan kelas VIII-3dan VIII-4 sebagai sampel. Instrumen meliputi soal tes, lembar observasi dan angket. Sebagai hasil ditemukan bahwa: KBK siswa yang diajarkan dengan metode inkuiri terbimbing nilai posttestnya lebih tinggi daripada yang diajarkan dengan metode konvensional, dengan perbandingan N-gain sebesar 16,76 untuk kelas kontrol dan 17,82 untuk kelas eksperimen. Siswa menunjukkan respon positif terhadap penerapan pembelajaran model inkuiri terbimbing
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017