Sciening : Science Learning Journal
Vol. 4 No. 1: Juni 2023

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa

Erika Christine Katiandagho (Universitas Negeri Manado)
Metilistina Sasinggala (Universitas Negeri Manado)
Ferdy Dungus (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Guru berkewajiban untuk mengembangkan potensi yang dimiliki siswa, meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa. Rendahnya hasil belajar IPA siswa, disebabkan ada siswa berperan pasif dalam berdiskusi dan kurangnya kerja sama antar anggota kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu seluruh siswa di kelas VII-A SMP Negeri 6 Tondano sebanyak 16 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini lembar observasi siswa, lembar kerja siswa, soal pilihan ganda dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes hasil belajar. Berdasarkan analisis hasil belajar siswa secara individual pada siklus I persentasi 54,69% dan siklus II 81,88% sedangkan secara klasikal siklus I persentasi 31,25% dan siklus II 81,25% kemudian hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I persentasi 67,85% dan siklus II 89,28%. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa hasil belajar IPA siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI mengalami peningkatan di siklus II dari siklus I.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sciening

Publisher

Subject

Education Environmental Science

Description

SCIENING (dibaca: saining): Science Learning Journal merupakan jurnal ilmiah yang berfokus dalam mempublikasikan artikel dari hasil penelitian yang mencakup berbagai topik pembelajaran IPA Terpadu yang berimplikasi untuk meningkatkan pendidikan dan pembelajaran ...