PEDAGO BIOLOGI
Vol 11 No 1 (2023)

Penerapan Peer Tutoring Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Materi Pencemaran Lingkungan Kelas X MS 1B di SMA Negeri 1 Kediri Tahun Pelajaran 2021/2022

Amelia Yuni Aprilia Aisyah (Universitas Pendidikan Mandalika)
Septiana Dwi Utami (Universitas Pendidikan Mandalika)
Baiq Muli Harisanti (Universitas Pendidikan Mandalika)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetehui hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode Peer Tutoring (Teman Sebaya) pada materi pencemaran lingkungan kelas X MS 1 B di SMA Negeri 1 Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan evaluasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kediri, subyek penelitian ini adalah kelas X MS 1 B yang terdiri dari 29 siswa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes hasil belajar kognitif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes. Pada analisis hasil tes belajar siswa pada siklus I diperoleh persentase 12,28% dengan kategori tidak tuntas secara klasikal, pada siklus II diperoleh persentase klasikal sebesar 41,66% termasuk dalam kategori tidak tuntas secara klasikal dikarenakan hasil tes belajar siswa belum mencapai 85%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran  Peer Tutoring tidak dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MS 1 B SMA Negeri 1 Kediri Tahun Pelajaran 2021/2022.

Copyrights © 2023