Salah satu faktor yang berkontribusi terhadap berkurangnya keyakinan diri adalah kurangnya dorongan dan penguatan dari orang-orang terdekat terhadap potensi peserta didik. Selain itu, kurangnya penguatan karakter percaya diri pada siswa oleh pendidik selama proses pembelajaran, serta ketidaktersebaran perhatian pada semua siswa atau konsentrasi hanya pada beberapa siswa tertentu, menjadi faktor yang berkontribusi terhadap krisis kepercayaan diri. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan deskripsi tentang penguatan karakter percaya diri pada peserta didik melalui penggunaan metode diskusi tanya jawab di SDN Margasana 1. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hambatan-hambatan yang mungkin timbul selama proses penguatan karakter percaya diri melalui metode tersebut. Terakhir, penelitian ini bertujuan untuk menentukan dampak dari proses diskusi tanya jawab terhadap perkembangan karakter percaya diri di SDN Margasana 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, khususnya dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penggunaan teknik diskusi tanya jawab untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa di SDN Margasana 1 telah cukup efektif, seperti yang terbukti dengan pendidik yang mengikuti serangkaian langkah dalam melaksanakan pendekatan diskusi tanya jawab. Meskipun terdapat kemajuan dalam pendidikan, masih terdapat tantangan-tantangan yang menghambat pembelajaran, termasuk kurangnya keterlibatan siswa dalam kurikulum. Namun, manfaat dari lingkungan belajar yang mendukung sangat banyak, meliputi peningkatan kepercayaan diri, peningkatan ketabahan, dan perbaikan pandangan positif pada peserta didik.
Copyrights © 2023