Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah (DIKDASMEN) 
Volume 1 Nomor 1 Tahun 2021

Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar Siswa

Nurhikmah (Universitas Negeri Makassar)
Rosmalah (Universitas Negeri Makassar)
Muhammad Amran (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat korelasional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa kelas V SD Gugus XV Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng dengan nilai thitung (5,5537) lebih besar (>) nilai ttabel (1,66757) yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan dari analisis data di atas dapat ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa kelas V SD Gugus XV Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng dengan tingkat hubungan pada kategori sedang. Jadi, semakin tinggi tingkat kecerdasan emosional yang dimiliki siswa maka akan semakin tinggi pula prestasi belajar yang dapat dicapai siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

dikdasmen

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah (DIKDASMEN)  menerima artikel dalam bidang Pembelajaran, Pengajaran, Pendidikan dasar, Pendidikan ...