Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 7, No 4 (2023)

Aktivitas STEAM dalam “Miniatur Crane” dengan Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21

Mulyani Mulyani (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Surabaya)
Budiyono Budiyono (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Surabaya)
Hitta Alfi Muhimmah (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Surabaya)
Zaenal Abidin (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Surabaya)
Ricky Setiawan (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Surabaya)
Nurul Istiq'faroh (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2023

Abstract

Aktivitas STEAM adalah rangkaian kegiatan dalam pembelajaran yang mengintegrasikan empat keterampilan abad 21. Hal ini dikarenakan siswa harus memanfaatkan keempat keterampilan tersebut untuk menghasilkan suatu karya. Siswa harus melakukan beberapa aktivitas dalam pembelajaran ini, mulai dari merencakan, membuat, mempresentasikan, dan mengujicobakan hasil karyanya dalam bentuk “Miniatur Crane”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan aktivitas STEAM dalam Miniatur Crane dengan berbasis proyek untuk meningkatkan keterampilan abad 21. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif data hasil angket respons siswa. Pengambilan data menggunakan angket. Populasi sejumlah 25 siswa dan sampel dengan jumlah 25 siswa. Berdasarkan hasil analisis angket diketahui bahwa siswa menyatakan bahwa 97% sangat setuju dengan adanya aktivitas STEAM. Siswa dapat meningkatkan keterampilan abad 21 melalui rangkaian aktivitas STEAM dalam pembuatan Miniatur Crane yaitu berpikir kritis, kolaborasi, komunikasi, dan kreativitas. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah aktivitas STEAM dalam “Miniatur Crane” dengan berbasis proyek dapat meningkatkan keterampilan abad 21 bagi siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...