Computer and Informatics Education Review
Vol 4 No 02 (2023): Computer and Informatics Education Review, Juni

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PEER TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 2 BENGKULU TENGAH

Mariesah Ashari (Universitas Dehasen)
Lina Tri Astuty B. Sembiring (Universitas Dehasen)
Edy Susanto (Universitas Dehasen)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Metode Pembelajaran Peer Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar-dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi Kelas X di SMK Negeri 2 Bengkulu Tengah. Penelitian ini adalah eksperimen dengan bentuk preexperimental design dengan jenis one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ SMK Negeri 02 Bengkulu Tengah sebanyak 25 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan tes, yaitu data tes awal (pre-test) dan data tes akhir (post-test). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan uji paired sample t-test. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil uji paired sample t-test yang telah dilakukan diperoleh nilai pretest-posttest menunjukkan bahwa sig (2-tailed) bernilai 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan ditolak dan diterima, serta membandingkan nilai t hitung dengan t tabel, diperoleh nilai t hitung 13,479 > t tabel 2,064 maka dapat disimpulkan ditolak dan diterima, yang artinya terdapat perbedaan signifikan dalam penerapaan metode pembelajaran peer teaching terhadap hasil belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cier

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Computer and Informatics Education Review - CIER a peer-reviewed and open-access journal published by the Faculty of Education and Teacher Training Universitas Dehasen Bengkulu in associated with Budapest International Research and Critics University (BIRCU) Publisher. CIER scoped in Computer ...