JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 6 No. 7 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Siswa Kelas VA di MI Darul Hikmah Lab. FITK UIN Malang

Muh. Zuhdy Hamzah (UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia)
Muhamad Alfi Khoiruman (Akademi Kelautan Banyuwangi, Indonesia)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pendidikan karakter digunakan untuk mengajarkan bahasa Indonesia kepada siswa kelas VA di MI Darul Hikmah Lab, serta faktor-faktor yang menghambat dan mendukung penggunaannya. UIN FITK Malang. Penelitian kualitatif adalah istilah untuk penelitian semacam ini. Religius, toleran, disiplin, kerja keras, mandiri, kreatif, rasa ingin tahu, gemar membaca, ramah dan komunikatif, serta tanggung jawab merupakan karakter yang ditunjukkan siswa, menurut hasil temuan. Dengan dilaksanakannya pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia bagi siswa kelas VA di Lab MI Darul Hikmah. Secara umum, FITK UIN Malang dapat berhasil diimplementasikan dengan melakukan hal-hal seperti: 1). Memahami pengaturan, 2). Pembelajaran dipraktekkan, 3). Evaluasi Pembelajaran Elemen Penekan dan Pendukung Pelaksanaan Pembinaan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Siswa Kelas VA di Lab MI Darul Hikmah. UIN FITK Malang. Sementara itu, unsur pendukung pelaksanaan pelatihan karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia bagi siswa kelas VA di Lab MI Darul Hikmah. Salah satunya adalah FITK UIN Malang. 1). Pendidik, 2). Pembangunan karakter berbasis sekolah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...