Penelitian ini berfokus pada pengembangan LKPD berbasis question prompt scaffolding pada materi sistem pernapasan manusia di tingkat SMP/MTs untuk meningkatkan keterampilan menulis ilmiah dan hasil belajar siswa. Secara umum, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan keefektifan LKPD yang dikembangkan. Metode yang digunakan yaitu model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, diantaranya Analyze (menganalisis), Design (mendesain), Develop (mengembangkan), Implement (mengimplementasikan), dan Evaluate (mengevaluasi). Subjek uji produk penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTsN 1 Jember. Hasil penelitian diantaranya: 1) rata-rata persentase validasi LKPD sebesar 86.17% yang termasuk dalam kriteria valid dan layak digunakan dalam pembelajaran IPA; 2) rata-rata persentase kepraktisan LKPD sebesar 96.52% yang tergolong dalam kriteria sangat praktis dan pembelajaran dengan LKPD yang dikembangkan sangat terlaksana; 3) uji keefektifan membuktikan bahwa LKPD berbasis question prompt scaffolding dapat meningkatkan keterampilan menulis ilmiah dengan peningkatan skor N-gain pada setiap pertemuan; 4) uji keefektifan membuktikan bahwa LKPD berbasis question prompt scaffolding dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan skor N-gain sebesar 0.81 yang termasuk dalam kriteria tinggi.
Copyrights © 2023