Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa dalam pembelajaran tatap muka terbatas pada materi pencemaran lingkungan kelas VII di SMP Negeri 4 Tanjung Morawa. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan pemberian tes. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata siswa saat mengikuti pembelajaran tatap muka terbatas 80 dengan kategori “baik”, ketuntasan klasikal siswa saat mengikuti pembelajaran tatap muka terbatas 88,57% dengan kategori “baik”, peningkatan hasil belajr siswa dengan Uji N-Gain Score 59% dengan kategori “cukup efektif”, dan hasil aktifitas belajar siswa saat mengikuti pembelajaran tatap muka terbatas 79,5% dengan kategori “aktif”. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada ranah kognitif mengalami peningkatan dengan jumlah N-Gain Score 0,59% dengan kategori “cukup” dan dala tabel keefektifan sebesar 59% dengan kategori “cukup efektif”. Sedangkan hasil belajar siswa pada ranah afektif dan psikomotorik 79,5% dengan kategori “aktif”.
Copyrights © 2023