RANGKIANG: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat
Vol 3, No 2 (2021)

PEMBEKALAN TEKNIK PENILAIAN DALAM BENTUK TASK BERORIENTASI HOTS (HIGH ORDER THINKING SKILL) DI SMP N 21 PADANG

dian mega putri (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Dian Noviani Syafar (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Yelliza Yelliza (Universitas PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2022

Abstract

Peran guru profesional dalam pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan belajar peserta didik dan menghasilkan lulusan yang berkualitas. Guru profesional adalah guru yang kompeten dalam membangun dan mengembangkan proses pembelajaran yang baik dan efektif sehingga dapat menghasilkan peserta didik yang pintar dan pendidikan yang berkualitas. Kualitas pembelajaran juga perlu diukur dengan penilaian yang berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS). Berdasarkan hasil riset dan observasi yang telah dilakukan oleh beberapa ahli, ditemukan bahwa guru-guru masih kesulitan dalam menciptakan dan membuat soal-soal yang dapat meningkatkan daya nalar siswa dan kemampuan berfikir tingkat tinggi siswa atau yang berbasis HOTS (High Order Thinking Skill). Oleh karena itu pembekalan mengenai konsep task berorientasi HOTS masih perlu dilaksanakan. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dilaksanakan di SMP N 21 Padang kepada guru-guru Bahasa Inggris. Kegiatan dilaksanakan dalam 2 tahap yaitu pemberian materi mengenai teknik penilaian berbentuk task yang berorientasi HOTS serta perancangan teknik penilaian berbentuk task yang berorientasi HOTS. Kegiatan ini bermanfaat bagi guru terutama guru Bahasa Inggris untuk meningkatkan pemahaman mereka mengenai bentuk dan teknik penilaian berorientasi HOTS. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

rangkiang

Publisher

Subject

Humanities Library & Information Science Public Health

Description

Rangkiang: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat (2721-2688) are published biannual (June and December). Rangkiang focuses on the main problems in the development of the sciences of community services areas as follows: Community Services, People, Local Food Security;Training, Marketing, Appropriate ...