Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha
Vol. 12 No. 4 (2022)

IMPLEMENTASI LESSON STUDY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD NEGERI 6 PEMPATAN

Ni Putu Eni Astuti (Institut Teknologi dan Pendidikan Markandeya Bali)
I Komang Nada Kusuma (Institut Teknologi dan Pendidikan Markandeya Bali)
Ni Luh Wilantari (Institut Teknologi dan Pendidikan Markandeya Bali)
I Wayan Numertayasa (Institut Teknologi dan Pendidikan Markandeya Bali)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang dilakukan peneliti menyatakan bahwa assesmen kompetensi minimum (AKM) literasi dan numerasi siswa kelas IV SD Negeri 6 pempatan memerlukan interferensi khusus karena hasil yang diperoleh sangat rendah khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi lesson study dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 6 Pempatan. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Metode analisis data dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri 6 Pempatan dinyatakan meningkat. Hal ini dibuktikan dari peningkatan hasil belajar siswa yaitu rata-rata hasil belajar meningkat sebesar 40, daya serap meningkat sebesar 40% dan ketuntasan belajar meningkat sebesar 55% dari siklus I ke siklus II setelah mengimplementasikan lesson study dan menerapkan kegiatan diferensiasi. Maka dari itu, impelementasi lesson study dinyatakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peneliti menyarankan kepada sekolah dan guru-guru di SD Negeri 6 Pempatan untuk mengimplementasikan kegiatan lesson study pada mata pelajaran dan dikelas yang lain sehingga hasil belajar siswa kian meningkat

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JJPBS

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Indonesia Language ...