Mimbar Pendidikan Indonesia
Vol. 4 No. 2 (2023): May

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII C di SMP

Ahmad Syarifuddin (Unknown)
Puji Hartono (Unknown)
Julita (Unknown)
Sadrack L Pagiling (Unknown)
Minuk Riyana (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2023

Abstract

Menciptakan prestasi belajar yang maksimal guru harus bijaksana dalam menentukan model pembelajaran salah satunya yaitu dengan memahami karakteristik dari peserta didik dan juga permasalahan yang dialami oleh peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk meningkatan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping pada materi aritmatika sosial. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis & Mc. Taggart yang terdiri dari empat tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik di kelas VII C pada salah satu SMP. Dimana peneliti dilakukan oleh guru mata pelajaran serta observer dilakukan oleh teman sejawat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan pengambilan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada materi aritmatika sosial dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping untuk siklus I diperoleh persentase sebesar 66,67% dan untuk siklus II diperoleh persentase sebesar 79,17%. Sikap peserta didik pada siklus I dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping diperoleh persentase sebesar 58,33% dan pada siklus II diperoleh persentase sebesar 70,83%. Sedangkan untuk keterlaksanaan pembelajaran di siklus I sebesar 88,89% dan siklus II sebesar 94,44%. Hasil penelitian ini penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping pada materi aritmatika sosial di kelas VII C SMP Negeri Buti Merauke telah terlaksana dengan sangat baik dan meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIPI2

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Mimbar Pendidikan Indonesia (MPI) dalah salah satu jurnal yang menjadi wadah untuk mempublikasikan artikel yang berkaitan dengan hasil peneitian yang berkaitan dengan ilmu pendidikan. jurnal ini akan terbit sebanyak 3 kali dalam waktu setahun. Januari, Mei, dan ...