Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan literasi numerasi siswa SMA berdasarkan kecerdasan logis matematis dan berdasarkan kecerdasan linguistik. Metode penelitian ini adalah kualitatif. Terdapat 4 subjek untuk penelitian yaitu 2 subjek kecerdasan logis matematis tinggi dan 2 subjek kecerdasan linguistik tinggi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan wawancara. Angket berisi angket kecerdasan logis matematis dan angket kecerdasan linguistik untuk menentukan subjek. Tes literasi numerasi sebanyak 2 nomor berbentuk uraian.  Dari hasil penelitian didapatkan semua subjek kecerdasan logis matematis dan kecerdasan linguistik memenuhi indikator kemampuan matematis,  indikator kemampuan representasi, indikator kemampuan penalaran dan argumentasi, dan indikator kemampuan dalam menggunakan bahasa dan simbol namun hanya memenuhi salah satu indikator kemampuan komunikasi untuk subjek kecerdasan logis matematis dan memenuhi salah satu indikator kemampuan memilih strategi untuk memecahkan masalah untuk subjek kecerdasan linguistik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023