Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 12, No 1 (2023): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Meningkatkan Motorik Halus Anak Melalui Metode Mewarnai Di Ra An-Nur

Nur Saadah (Unknown)
Rizka Khairi (Unknown)
Melvi Sari Anggraini (Unknown)
Yasmina Fajri (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2023

Abstract

Kegiatan mewarnai merupakan kegiatan yang berfungsi untuk melatih motorik halus dalam setiap pergerakan jemari tangannya. Mewarnai pada anak usia dini adalah curahan dari apa yang ada dalam fikirannya, meskipun hasilnya terkadang tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan keterampilan motorik halus anak menggunakan metode gambar berwarna. Baik subjek maupun tempat penelitian adalah anak-anak, terdiri dari 20 anak, 12 perempuan dan 8 laki-laki. Desain Kemmis dan Mc Taggart digunakan secara bersiklus dalam penelitian ini. Mengumpulkan data melalui observasi, penugasan, dan pencatatan, dilanjutkan dengan analisis deskriptif. Pewarnaan gambar meningkatkan kemampuan motorik halus anak dan terbukti berkembang dari siklus satu ke siklus dua. Memegang Alat warna BSB, BSH, dan MB mempertahankan intensitas 80% hingga 95% (15%). Fleksibilitas menggerakkan pergelangan tangan BSB, BSH, dan MB dari 85% menjadi 90% (5%). Bersih dalam mewarnai pada kelas BSB, BSH dan MB memiliki kemurnian 80% - 90% (10%). Secara keseluruhan kategori BSB, BSH, dan MB mengalami peningkatan rata-rata sebesar 11,66 dari siklus I ke siklus II. Namun masih ada beberapa orang yang kemampuan motorik halusnya belum meningkat atau BB. Metode mewarnai gambar dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak, hasil menunjukkan di R.A An-Nur kecamatan Medan Johor. Kata kunci: Metode Mewarnai, Keterampilan Motorik Halus

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ceria

Publisher

Subject

Education Other

Description

Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini memiliki fokus dalam penelitian dalam bidang pendidikan dan anak usia dini. Artikel ilmiah yang termasuk dalam jurnal ini adalah metode pengajaran, media pembelajaran, permasalahan anak usia dini dalam pendidikan, dan hal lain yang terkait pada ...