Di era disruptif 4.0 dan society 5.0 seperti sekarang ini, posisi humas di perguruan tinggi memiliki tantangan untuk dapat meningkatkan citra di mata publik melalui berbagai media. Tentunya, dengan berpegang pada karakteristik perguruan tinggi yang mengacu pada Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu; pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Humas dalam perguruan tinggi diharapkan tidak hanya sebagai media promosi namun juga dapat sebagai media informasi bagi masyarakat, agar kampus lebih dikenal oleh kalangan publik. Sebagai garda terdepan di intitusi Humas dianggap perlu untuk meningkatkan kreatifitas dan inovasi untuk memberikan informasi kepada publik. Selain memberikan informasi yang layak dan juga terpercaya, humas perguruan tinggi di era disruptif 4.0 dan society 5.0 harus menjalin dan membina hubungan dengan para stake holders baik itu disruptif maupun media. Maka dari itu, penelitian dengan gabungan metode kualitatif dan kuantitaif ini berusaha untuk mencari tantangan transformasi humas di perguruan tinggi di era disruptif 4.0 dan society 5.0 serta mendapatkan strategi transformasi humas di perguruan tinggi di era disupsi 4.0 dan society 5.0 supaya dapat meningkatkan kualitas dan kesejahteraan bagi perguruan tinggi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi strategi dan model pengembangan humas perguruan tinggi secara adaptive dan agile. Penelitian ini diorientasikan untuk menghasilkan luaran wajib berupa publikasi artikel ilmiah yang telah submit dalam jurnal internasional bereputasi terindeks (WoS, Scopus) dan luaran tambahan berupa buku referensi ber-ISBN tentang peran dan tranformasi humas perguruan tinggi di era disruptif 4.0 dan society 5.0 serta Hak Kekayaan Intelektual (HKI).Kata Kunci: Transformasi, humas perguruan tinggi, strategi, disruptif 4.0, society 5.0
Copyrights © 2023