Kelimutu Journal of Community Service
Vol 2 No 2 (2022): November

Pelatihan Pengembangan Pembelajaran Matematika Realistik Bagi Guru-Guru SDF St. Arnoldus Penfui dan SDN Angkasa Penfui

Patrisius Afrisno Udil (Unknown)
Wara Sabon Dominikus (Undana)
Irna K. S. Blegur (Undana)
Fransiska Atrik Halim (Undana)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Pembelajaran matematika Sekolah Dasar (SD) masih didominasi pembelajaran yang bersifat abstrak, menggunakan metode ceramah, dan tidak kontekstual. Pembelajaran yang relevan dengan tingkat berpikir siswa dan sesuai dengan konteks kehidupan sehari-hari masih jarang dilakukan. Sehingga perlu adanya suatu upaya untuk membekali guru dengan pengetahuan dan keterampilan untuk merancang dan melaksanakan pembelajaran matematika realistik (PMR) yang dapat membantu siswa lebih mudah memahami konsep. Adapun kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, demonstrasi, dan praktik. Hasil kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa kegiatan berjalan dengan baik dengan antusias peserta yang tinggi. Selain itu, pada akhir kegiatan guru mampu memahami dengan baik serta mampu merancang suatu perangkat pembelajaran matematika realistik bagi siswa SD dalam bentuk perangkat pembelajaran ice berg.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

kjcs

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The scope of this journal is the results of research-based community service in the field of education, such as curriculum development, learning evaluation, learning innovation, teacher professionalism development, classroom action research, various other educational topics, as well as ...