Kelimutu Journal of Community Service
Vol 2 No 2 (2022): November

Pelatihan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Games pada Pengasuh dan Penghuni Panti Sosial Lansia Budi Agung Kupang

Lolang Maria Masi (Universitas Nusa Cendana)
Andriani P. Nalle (Universitas Nusa Cendana)
Khetye R. Saba (Universitas Nusa Cendana)
Febriana . (Universitas Nusa Cendana)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Kegiatan PKM dilakukan di Panti Sosial Lansia Budi Agung Kupang dengan sasaran kegiatan yaitu pengasuh dan penghuni Panti Sosial Lansia Budi Agung Kupang. Masalah yang temukan yaitu bahwa tinggal di panti sosial membuat para lansia mudah menyerah terhadap kehidupan. Hal tersebut dapat terjadi akibat kurangnya stimulasi mental pada lansia yang menyebabkan munculnya sikap apatis atau tidak peduli terhadap kehidupan sehari-harinya. Tujuan kegiatan ini adalah menambah wawasan dan pemahaman pengasuh dalam upaya meningkatkan pelayanan sosial bagi lansia melalui bimbingan kelompok dengan teknik games dan membantu lansia agar tidak merasa terbuang atau di kucilkan oleh keluarga, sehingga lansia merasa bersyukur dan menikmati masa tua bersama penghuni panti yang lain dengan rasa senang tanpa merasa kesepian dan apatis. Pelaksanaan pelatihan dilakukan dalam bentuk penyuluhan, bimbingan kelompok dengan teknik games dan workshop. Hasil evaluasi menunjukkan pelatihan bimbingan kelompok dengan teknik games sangat baik untuk pengembangan kompetensi Pengasuh lansia sehingga memiliki cara baru yang lebih kreatif, inovatif dan menyenangkan dalam memberikan pelayanan kepada lansia dan lansia juga tidak lagi merasa kesepian dan apatis.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

kjcs

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The scope of this journal is the results of research-based community service in the field of education, such as curriculum development, learning evaluation, learning innovation, teacher professionalism development, classroom action research, various other educational topics, as well as ...