Aksara Jawa sebagai bentuk budaya sejatinya perlu dilestarikan dan dipelajari, namun generasi muda di era ini, kurang mengenal dan belum tahu cara membaca maupun menulis aksara Jawa dengan benar. Telah dilakukan penelitian tindakan kelas guna mengetahui peningkatan kemampuan membaca aksara Jawa., pada mahasiswa Program Studi Bahasa Jawa. Data penelitian diperoleh melalui kegiatan observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data menggunakan diskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan telah terjadi peningkatan kemampuan membaca aksara jawa mahasiswa pada kegiatan prasiklus kedua. Hasil prasiklus menunjukkan rerata skor 63, 58 meningkat pada siklus pertama sebesar 68,20 dan setelah diakukan proses pembelajaran pada siklus kedua diperoleh skor 79,86. Hasil ketuntasan klasikal berturut-turut 61,25% pada prasiklus, 74,20% pada silus pertama, dan 86,25% pada siklus kedua. Berdasarkan hasil tersebut terdapat peningkatan pemanfaatan strategi transliterasi pada kemampuan membaca maupun penulis aksara Jawa.
Copyrights © 2022