Articles
40 Documents
Peningkatan minat dan hasil belajar bentuk aljabar melalui pendekatan SAVI dengan media lembar kerja pada peserta didik kelas VII B SMP Negeri 2 Miri
Relik Indarti
Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) Vol. 8 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Purworejo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (403.632 KB)
|
DOI: 10.37729/jpse.v8i1.1858
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika materi bentuk aljabar melalui pendekatan SAVI dengan media lembar kerja pada peserta didik kelas VII B SMP Negeri 2 Miri Kabupaten Sragen semester I tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dengan tahapan setiap siklusnya adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas VII B dengan jumlah peserta didik 26. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis untuk mengukur hasil belajar dan lembar observasi minat belajar untuk mengamati perubahan tingkah laku peserta didik tentang minat belajar dalam pembelajaran. Indikator yang ditetapkan adalah sekurang-kurangnya 75% peserta didik dengan nilai KKM 75 dan minat belajar peserta didik sekurang-kurangnya 75%. Hasil penelitian yaitu rerata persentase minat belajar peserta didik pada kondisi awal adalah 50,96% meningkat pada siklus I menjadi 70,19% dan siklus II menjadi 77,88%. Ketuntasan klasikal kompetensi pengetahuan pada kondisi awal 57,69% meningkat menjadi 61,54% pada siklus I dan 80,77% pada siklus II. Ketuntasan klasikal untuk kompetensi keterampilan pada kondisi awal adalah 50,00% meningkat menjadi 61,54% pada siklus I dan siklus II ketuntasan klasikal mencapai 76,92%. Sehingga dapat dikatakan bahwa penerapan pendekatan SAVI dengan media lembar kerja dapat meningkatkan minat dan hasil belajar matematika materi bentuk aljabar pada peserta didik kelas VII B SMP Negeri 2 Miri Kabupaten Sragen semester I tahun pelajaran 2019/2020.
Pengujian validitas pada pengembangan media pembelajaran berbasis ICT
Akhmad Fadjeri;
Anisa Dwi Nurchayati
Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) Vol. 8 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Purworejo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (598.103 KB)
|
DOI: 10.37729/jpse.v8i1.1955
Penelitian ini berlandaskan fakta yang di hadapi pada masa pembelajaran daring, dimana manajemen penyimpanan materi yang tidak tersetruktur dan penggunaan media pembelajaran jarak jauh belum dimaksimalkan dan belum tervalidasi oleh ahli. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk membuat media pembelajaran berbasis ICT yang testruktur dan tervalidasi oleh ahli. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui seberapa tingkat validasi media pembelajaran dengan berbasis ICT dari beberapa ahli. Peneliti menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran dengan hasil rerata 3,22 dengan porsentase 80,50 % dan kategori sangat valid oleh ahli media dan rerata 3,76 dengan porsentase 95,16 % dan kategori sangat valid oleh ahli media guru. Secara umum tingkat validitas dari media yang telah dikembangkan memenuhi kriteri valid sehingga dapat ditingkatkan kedalam uji selanjutnya seperti uji kepraktisan dan keefektifan produk.
Meningkatkan hasil belajar matematika melalui implementasi model pembelajaran Jigsaw dengan memperbantukan LKPD
Rusdi Hamdany Nuary;
Ageng Triyono
Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) Vol. 8 No. 2 (2022): Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Purworejo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (385.344 KB)
|
DOI: 10.37729/jpse.v8i2.1977
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah meningkatkan persentase hasil belajar matematika siswa melalui implementasi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan memperbantukan LKPD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa siswa kelas VIII-I SMP Negeri Jakarta. Subjek penelitian terdiri dari 36 siswa, satu orang observer, dan peneliti sendiri yang bertindak sebagai guru. Data penelitian didapatkan dari lembar observasi keaktifan siswa dan instrumen soal tes. Data keaktifan siswa dianalisis menggunakan rumus persentase rerata. Data hasil tes dianalisis menggunakan rumus perhitungan ketuntasan hasil belajar, rumus rerata, dan perhitungan persentase peningkatan hasil belajar. Hasil analisis data menyimpulkan adanya peningkatan persentase pada beberapa aspek pembelajaran, yaitu; (1) keaktifan siswa dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 16,87%; (2) ketuntasan hasil belajar dari kondisi awal ke siklus I meningkat sebesar 66,68%, dan dari siklus I ke siklus II meningkat lagi sebesar 3,51%; (3) nilai rerata kelas dari kondisi awal ke siklus I meningkat sebesar 20,8, dan dari siklus I ke siklus II meningkat lagi sebesar 3,84. Peningkatan hasil belajar dari masing-masing siklus tersebut menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan memperbantukan LKPD telah berhasil dilaksanakan sesuai tujuan penelitian.
Pengaruh warna terhadap kemampuan cara pandang ruang geometri peserta didik
Fariz Fadila;
Wikan Budi Utami;
Fikri Aulia;
Erwin Erlangga
Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) Vol. 8 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Purworejo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (323.502 KB)
|
DOI: 10.37729/jpse.v8i1.2061
Kemampuan cara pandang ruang peserta didik menjadi suatu kemampuan yang perlu untuk ditingkatkan dalam proses pembelajaran pada pokok materi bangun ruang sisi datar. Warna dapat diterapkan dalam ilustrasi bangun ruang sisi datar yang diberikan kepada peserta didik untuk meningkatkan cara pandang ruang mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengaruh penerapan warna terhadap kemampuan cara pandang ruang geometri. Sampel dalam penelitian ini diambil secara keseluruhan sebanyak 39 peserta didik SMP Al-Mi’raj Talang Kabupaten Tegal. Desain penelitian menggunakan one group pretest-posttest design. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes kemampuan cara pandang ruang geometri yang terdiri dari pretest dan posttest. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan paired-samples t test yang dilanjutkan dengan uji n-gain score. Nilai Sig. (2-tailed) dari uji t berpasangan sebesar 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi yang ditetapkan yaitu 0,05. Nilai rata-rata n-gain score sebesar 77,624. Nilai rata-rata n-gain score tersebut dalam kategori efektif menurut tabel kategori tafsiran n-gain score. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dalam kategori efektif penerapan warna terhadap kemampuan cara pandang ruang geometri peserta didik
Keefektifan penggunaan teknik digital smart finger dalam pengajaran reported speech
Basuki Basuki;
Edi Sunjayanto Masykuri
Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) Vol. 8 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Purworejo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (353.923 KB)
|
DOI: 10.37729/jpse.v8i1.2063
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektif atau tidaknya penggunaan teknik Digital Smart Finger dalam pembelajaran report speech di kelas X SMK Muhammadiyah Kajen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Subyek penelitian adalah 32 siswa. Data diambil dari pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest adalah 60,37 dan posttest adalah 67,06. Setelah mengetahui data pre-test dan post-test berdistribusi abnormal, dilakukan uji lanjut menggunakan rumus U Mann Whitney untuk mengetahui apakah penggunaan teknik smart finger efektif atau tidak dalam pengajaran report speech. Hasil menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig (2tailed) 0.49 > 0.05. Berdasarkan hasil tersebut nilai Z 0,0037 < 1,791, artinya tidak ada perbedaan yang signifikan dalam pengajaran materi report speech, sehingga penggunaan teknik ini sudah sesuai untuk siswa kelas X SMK Muhammadiyah Kajen.
Pengembangan bahan ajar berbasis Adobe Flash Player pada materi operasi hitung bilangan bulat kelas VII
Muhammad Mufthi Sadewa;
Dewi Azizah;
Sriyono Sriyono
Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) Vol. 8 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Purworejo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (371.293 KB)
|
DOI: 10.37729/jpse.v8i1.2072
Kesulitan siswa dalam memahami konsep operasi hitung bilangan bulat dan pembelajaran online atau daring sehingga perlu dirancang bahan ajar berbasis adobe flash player. Artikel ini merupakan hasil dari penelitian pengembangan dengan model Borg and Gall yang memodifikasi langkah-langkah menjadi lima langkah, yaitu penelitian dan pengumpulan data, desain produk, validasi produk, uji coba produk, dan penyempurnaan produk hasil uji coba. Tujuan penelitian pengembangan ini untuk melihat adanya kevalidan dan kepraktisan dari bahan ajar berbasis adobe flash player. Kevalidan dari bahan ajar berbasis adobe flash player ditinjau dari beberapa aspek, diantaranya rekayasa perangkat lunak, instructional design (desain pembelajaran), komunikasi visual. Instrumen untuk mengukur kevalidannya menggunakan angket validasi. Hasil penelitian pengembangan bahan ajar berbasis adobe flash player dinyatakan valid oleh validator dengan nilai 4,11 dan masuk kategori valid. Sedangkan kepraktisan dari bahan ajar ini ditinjau dari aspek senang, menarik, memudahkan dan memotivasi. Kepraktisan bahan ajar diperoleh dari ujicoba terbatas pada siswa kelas VII.B SMP Negeri 2 Wiradesa. Instrumen yang digunakan untuk meninjau kepraktisan bahan ajar menggunakan angket respon siswa. Hasil penelitian pengembangan bahan ajar berbasis adobe flash player sangat praktis, dengan persentase 85.86%.
Persepsi mahasiswa ditinjau dari student engagement pada implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka
Ponoharjo;
Eleonora Dwi Wahyuningsih;
Dian Nataria Oktaviani;
Wikan Budi Utami;
Fariz Fadila
Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) Vol. 8 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Purworejo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (345.845 KB)
|
DOI: 10.37729/jpse.v8i1.2073
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap persepsi mahasiswa terhadap program Merdeka Belajar Kampus Merdeka serta student engagement mahasiswa setelah mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Tujuan dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka adalah meningkatkan kompetensi lulusan, baik keterampilan nonteknis (soft skills) maupun teknis (hard skills), sehingga lulusan lebih siap dan selaras dengan kebutuhan zaman, serta lebih cakap sebagai pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian. Sampel penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Matematika UPS Tegal yang mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka sebanyak 56 mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa semester VI dan VIII. Penilitian ini menggunakan metode survey. Pengumpulan Data dengan Dokumentasi, Angket dan Wawancara dengan analisis data deskriptif kuantitatif. Temuan penelitian menyatakan bahwa pemahaman program Merdeka Belajar Kampus Merdeka diperoleh 2,08% mahasiswa cukup memahami program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, 72,92% mahasiswa memahami program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, dan 25% mahasiswa sangat memahami program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jadi dapat disimpulkan bahwa semua mahasiswa sudah mengenal program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.
Kajian manajemen keuangan pendidikan di masa pandemi Covid-19 di Sekolah Menengah Pertama
Aris Zubaidi;
Agus Supriyanto;
Luthfi Syarifudin;
Enas
Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) Vol. 8 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Purworejo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (271.433 KB)
|
DOI: 10.37729/jpse.v8i1.2112
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui manajemen pembiayaan pendidikan di SMP Negeri 3 Binangun sebelum pandemi, untuk mengetahui manajemen pembiayaan pendidikan di SMP Negeri 3 Binangun di masa pandemi, dan untuk mengetahui dampak pandemi terhadap pembiayaan di SMP Negeri 3 Binangun. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan kajian Pustaka dengan memilah sumber-sumber referensi dan literatur ilmiah yang terkait dengan manajemen keuangan, manajemen pembiayaan, dan pembiayaan pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum pandemi, untuk menghonor guru mengandalkan dari dana BOS dan SOT siswa. Dampak pandemi covid-19 ini pelaksanaan pembiayaan fokus untuk penghonoran guru dan peremajaan sekolah seperti mengecat ulang dan merawat gedung sekolah, sehingga SMP Negeri 3 Binangun untuk sistem penghonoran saat pandemi ini mengandalkan dana BOS dan SOT dengan model subsidi silang.
Pembelajaran IPS dengan aplikasi Quizizz untuk menciptakan pembelajaran menyenangkan di SMP
Trubus Kurniawan
Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) Vol. 8 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Purworejo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (290.944 KB)
|
DOI: 10.37729/jpse.v8i1.2117
Penelitian ini difokuskan kepada bagaimana menjadikan aplikasi Quizizz sebagai media pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang menyenangkan. Pendekatan penelitian yang digunakan yaiu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Quizizz dengan konten dapat berasal dari kreatifitas pendidik dalam upaya mereview pelajaran dalam upaya evaluasi pemahaman dan ketrampilan peserta didik dalam menyerap pelajaran disajikan dalam bentuk latihan atau evaluasi yang menyenangkan dan dapat dilakukan diluar dan di dalam kelas selama sarana dan prasarana pendukung pembelajaran dapat mengakomodirnya. Penelitian ini menunjukkan bahwa Quizizz dapat menghasilkan media pembelajaran yang kreatif, inovatif dan menyenangkan sehingga perlu dimanfaatkan sebagai media pembelajaran.
Implementasi model pembelajaran CIRC di SMK untuk meningkatkan minat dan hasil belajar Bahasa Indonesia
Siti Sudaryati
Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) Vol. 8 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Purworejo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (274.55 KB)
|
DOI: 10.37729/jpse.v8i1.2122
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar peserta didik kelas XI TITPTL-B SMK Negeri 1 Purworejo setelah implemantasi pembelajaran menggunakan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading dan Composition) pada maple Bahasa Indonesia materi menulis teks cerita pendek. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang teridiri dari tahapan perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), refleksi (reflecting). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskripsi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan minat belajar peserta didik dari kondisi awal ke kondisi akhir pembelajaran mengalami peningkatan sebesar 32% dengan ketuntasan hasil belajar sebesar 37%. Dengan demikian, model pembelajaran CIRC dapat meningkatkan minat dan hasil belajar bahasa Indonesia dan dapat dijadikan sebagai referensi model pembelajaran di SMK yang mempunyai efek yang positif.